Tenis Meja Padmanaba

Tenis meja atau ping-pong adalah suatu olahraga yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan. Di Republik Rakyat Cina, nama resmi olahraga ini ialah "bola ping pong" (Tionghoa : 乒乓球; Pinyin : pīngpāng qiú). Permainan ini menggunakan raket yang terbuat dari papan kayu yang dilapisi karet yang biasa disebut bet, sebuah bola pingpong dan lapangan permainan yang berbentuk meja. Induk Olahraga tenis meja di Indonesia adalah PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia) dan di dunia adalah ITTF (International Table Tennis Federation) yang anggotanya mencapai 217 negara dan PTMSI tercatat sebagai Anggota ITTF sejak tahun 1961.

Padmanaba, SMA Negeri 3 Yogyakarta pun memiliki ekstrakurikuler olahraga tenis meja ini. Biasanya, ekstrakurikuler ini disebut “ekskul ping-pong”. Awalnya, siswa hanya bermain ping-pong dengan biasa saja, tetapi karena banyaknya siswa yang berminat, maka muncullah ide untuk mendirikan ekskul ping-pong ini. Layaknya ekskul yang lain yang ada di SMA Negeri 3 Yogyakarta, ekskul ini juga memiliki latihan rutin (larut). Sebenarnya larut tersebut ditentukan oleh siswa dan guru pembimbing yaitu di hari-hari tertentu setiap pulang sekolah.

Tiap tahunnya pemerintah mengadakan O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional), tentunya dari cabang ping-pong, SMA Negeri 3 Yogyakarta mengirimkan wakil-wakilnya untuk bertanding memperebutkan title “juara”. Walaupun SMA Negeri 3 Yogyakarta belum pernah mendapatkan gelar dari cabang ini, tetapi kami yakin kalau suatu hari nanti ping-pong SMA Negeri 3 Yogyakarta akan berjaya...! Amin....

0 komentar